•  

Profil MIKOM

PROFIL MAGISTER ILMU KOMUNIKASI ( MIKOM )

Untuk mengikuti perkembangan IPTEK,, isu-isu lingkungan, serta untuk memenuhi kebutuhan SDM. di Indonesia saat ini, Universitas Budi Luhur tergerak untuk mendirikan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi. Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komunikasi berbasis teknologi komunikasi disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. Program ini dibuka untuk umum bagi lulusan S-1 dari berbagai Universitas yang akan mengikuti pendidikan yang lebih tinggi. Universitas memprioritaskan kualitas lulusan yang dihasilkan, lebih baik dan kompeten dibidangnya. Pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat lebih didasarkan pada pola pokok ilmiah Universitas, yaitu yaitu dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Masa studi yang dijalankan tentunya masing-masing berbeda sesuai dengan spesifikasi bidang/program studi yang diminati.

Universitas Budi Luhur memberikan kesempatan untuk semua calon mahasiswa dari dalam maupun luar negeri, yang secara intelektual mampu menempuh pendidikan lebih tinggi, secara interaktif dan interdisipliner. Universitas Budi Luhur merupakan salah satu Universitas terkemuka di Indonesia dengan fokus pada pengembangan interdisipliner dalam Rekayasa dan Teknologi Informasi, Ekonomi dan Komunikasi,

Globalisasi menumbuhkan pesatnya industri komunikasi dan informasi yang  mendorong terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja yang luas. Untuk mengisi peluang dan lapangan kerja tersebut, tentunya membutuhkan sumber daya manusia (SDM) handal dan profesional. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur merupakan program yang di desain untuk menghasilkan SDM-SDM handal, cerdas berbudi luhur  menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta profesional mampu bersaing di bidang:

       1. Corporate Public Relations

       2.  Marketing Communiction

       3.  Communication Management and Media Industry

VISI

Menjadi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi yang unggul di Indonesia dengan standar mutu tertinggi pada tahun 2020 yang dilandasi kecerdasan dan keluhuran budi, ditopang teknologi informasi dan komunikasi.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi berbasis kompetensi untuk menghasilkan lulusan yang unggul, dalam bidang cyber communication dan komunikasi budaya lokal, cerdas dan berbudi luhur serta mampu bersaing di dunia kerja.
  2. Menyelenggarakan Program Studi berbasis sistem mutu dan membangun kerjasama dengan berbagai institusi yang relevan di bidang ilmu komunikasi serta kerjasama dalam penerimaan mahasiswa baru.
  3. Melaksanakan penelitian atau karya ilmiah yang unggul dan kompetitif, serta terlibat aktif dalam pengembangan ilmu komunikasi dalam kegiatan regional, nasional, maupun global, melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat luas sebagai bentuk nyata rasa kepedulian sosial.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIKOM) Universitas Budi Luhur meliputi 3 (tiga) bidang sebagai berikut:

A. Pendidikan

  1. Mengontrol proses pembelajaran dengan menyediakan SAP, mengecek kesesuaian SAP dengan berita acara perkuliahan
  2. Pembenahan mata kuliah dan kurikulum dengan menerbitkan pedoman kurikulum magister ilmu komunikasi
  3. Peningkatan Mitra Kerja dalam pengembangan magister ilmu komunikasi dengan kerjasama dan pembuktian dengan MOU.
  4. Peningkatan hasil riset dan pembuatan buku kemahasiswaan dan Alumni
  5. Peningkatan kepuasan mahasiswa dievaluasi melalui data kuisioner yang diberikan kepada mahasiswa.
  6. Peningkatan peran serta Alumni dalam pengelolaan hubungan antara almamater dengan alumni magister ilmu komunikasi melalui kegiatan temu alumni, seminar, dan simposium.
  7. Peningkatan kualitas Dosen melalui pemberian kesempatan dosen untuk mengikuti seminar, simposium baik secara nasional maupun internasional.
  8. Peningkatan kualitas tenaga kependidikan melalui pelatihan baik yang diadakan oleh Budi Luhur sendiri atau di tugaskan untuk mengikuti pelatihan ke instansi yang terkait.
  9. Optimalisasi penggunaaan fasiltas yang telah di sediakan oleh Yayasan

B. Penelitian

  1. Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa
  2. Meningkatkan kemampuan dosen untuk melakukan penelitian dengan institusi lain baik dalam negeri maupun luar negeri
  3. Meningkatkan status terbitan berkala ilmiah menjadi berakreditasi
  4. Meningkatkan iklim dan kualitas penelitian dengan sistem insentif untuk mendapatkan hibah

C. Pengabdian

  1. Meningkatkan jumlah pengabdian dosen yang melibatkan
  2. Membangun kerjasama pengabdian dengan institusi lain
  3. Meningkatkan iklim dan kualitas pengabdian dengan sistem insentif untuk mendapatkan hibah

Keunggulan

Unggul memiliki makna substantive yang bernilai Competitiveness  tertinggi. Keunggulan Universitas Budi Luhur akan ditunjukan dengan karya-karya akademik yang bersifat substansial dan dapat dikompetisikan pada ranah nasional. Unggul dengan daya saing di tingkat nasional dengan standar minimal mencapai ijin Program studi , dan mendapatkan peringkat akreditasi dari  Badan Akreditasi Nasional. Dimensi keunggulan yang dikembangkan Universitas Budi Luhur mengarah kepada lima pilar keunggulan yakni: (1) Pendidikan ; (2) Penelitian ; (3) Pengabdian Kepada Masyarakat; (4) Kemahasiswaan; dan (5) Kelembagaan. Setiap pilar didorong untuk memiliki keunggulan spesifik sehingga memiliki nilai competitiveness yang tinggi.

Tujuan

Tujuan Program Studi Magister Ilmu komunikasi (MIKOM) universitas Budi Luhur adalah: menyiapkan lulusan Magister Ilmu komunikasi Yang memiliki Kompetensi:

  1. Kemampuan dalam komunikasi personal, komunikasi persuasi dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi (Cyber Communication)
  2. Kemampuan mengikuti dan cepat beradaptasi pada perkembangan industri dan bisnis serta berjiwa
  3. Kemampuan melakukan riset komunikasi dan menghasilkan karya komunikasi kreatif.
  4. Kapasitas kepemimpinan, berpikir dan bertindak strategis, serta kemampuan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah.
  5. Kemampuan membangun jaringan (networking) serta mengelola program dan kegiatan komunikasi (event management)
  6. Memiliki rasa percaya diri, cerdas berbudi luhur, dan senantiasa mengedepankan etika.

Metode Pengajaran

  • Metode pengajaran akan dikombinasikan dalam program ini, yaitu : kuliah, diskusi, studi kasus, penugasan individu maupun kelompok, seminar, kuliah tamu, mini project, kunjungan industri dan lain-lain.
  • Semua Kelas Program M.I.Kom mengutamakan proses interaksi antar sesama mahasiswa dan dosen, sehingga dengan demikian kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan dan akan terasah.

 Staff Pengajar

Staf pengajar Program M.I.Kom Universitas Budi Luhur  terdiri dari akademisi lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri. serta praktisi dalam berbagai bidang bisnis yang keahliannya sesuai dengan yang kebutuhan program.

  1. Prof. H. Deddy Mulyana, Ph.D (Monash University, Australia)
  2. Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin, M.Si (IPB)
  3. Prof. Dr. Moedjiono, M.Sc. (USA)
  4. Prof. Dr. Tjipta Lesmana, MA., M.A.R.S (UI)
  5. Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc. (Universitas Kebangsaan Malaysia)
  6. Dr. Hadiono Afdjani, MM. M.Si (UNPAD)
  7. Dr. Umaimah Wahid, M.Si (UI)
  8. Dr. Afrina Sari, M.Si (IPB)
  9. Denik Iswardani, Ph.D (Universitas Kebangsaan Malaysia)

Peserta Program :

  • Berasal dari alumni maupun peserta umum, baik yang berlatar belakang Pengajar (Dosen), praktisi swasta maupun pemerintah.

Kuliah Matrikulasi

Mata Kuliah :

  •  Wawasan Budi Luhur
  •  Pengantar Ilmu Komunikasi
  •  Pengantar Statistik
  •  Teori Komunikasi

Kurikulum dan Mata Kuliah

Keseluruhan Beban Studi : 43 SKS